Wujudkan Pelayanan Prima: PA Tabanan Laksanakan Pelatihan Service Excellent bagi Petugas PTSP, Security, dan Posbakum di Kantor BRI Tabanan

Tabanan, 22 Mei 2025 — Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Pengadilan Agama Tabanan mengadakan pelatihan “Service Excellent” yang bertempat di Kantor BRI Cabang Tabanan. Pelatihan ini diikuti oleh petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), petugas keamanan (security), serta petugas Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan Agama Tabanan. Wakil Ketua Pengadilan Agama Tabanan turut hadir untuk mendampingi para pesonel layanan dalam pelatihan ini.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama satu hari ini menghadirkan pemateri profesional dari Bank Rakyat Indonesia, yang berpengalaman di bidang pelayanan publik dan customer service. Peserta dibekali dengan teknik dan strategi pelayanan prima yang berorientasi pada kepuasan masyarakat pencari keadilan. Pelayanan yang cepat, tepat, dan ramah harus menjadi budaya kerja di lingkungan peradilan, khususnya di PA Tabanan. Melalui pelatihan ini, PA Tabanan berharap seluruh petugas semakin siap melayani masyarakat dengan standar service excellent.

Selama sesi pelatihan, peserta diajak untuk memahami pentingnya komunikasi efektif, sikap proaktif, serta kemampuan menghadapi situasi sulit dalam lingkungan pelayanan publik. Selain materi teori, pelatihan juga dilengkapi dengan simulasi langsung dan studi kasus yang relevan dengan situasi di pengadilan. Simulasi yang dilakukan meliputi tata cara melayani para pencari keadilan, mulai dari penerimaan awal, pemberian informasi yang tepat dan ramah, hingga penanganan keluhan atau pertanyaan dengan pendekatan humanis dan profesional. Petugas resepsionis atas nama Sofa Maulana yang biasa dipanggil Bang John turut serta dalam simulasi customer service dengan salah satu petugas BRI. Di sisi lain, Mas Sopyan dan Pak Iwan selaku security juga melakukan simulasi handling guest yang didampingi oleh security BRI Tabanan. Hal tersebut bukan saja dapat menambah wawasan baru, tapi juga dapat meningkatkan softskill para petugas layanan PA Tabanan seperti handling guest, kemampuan komunikasi yang efektif, empati, problem solving dan kemampuan beradaptasi.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh para peserta, yang merasa mendapatkan banyak manfaat praktis. Salah satu petugas Posbakum PA Tabanan menyampaikan bahwa pelatihan ini menambah wawasan baru dan pengalaman dalam menghadapi masyarakat yang datang dengan berbagai latar belakang dan kebutuhan hukum yang beragam.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Pengadilan Agama Tabanan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Hal ini sejalan dengan upaya Mahkamah Agung RI dalam mewujudkan badan peradilan yang agung, bersih, dan terpercaya melalui penguatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan kualias layanan pengadilan. PA Tabanan Mantap Pisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button