DDTK Service Excellence oleh Bank Syariah Indonesia Website Pengadilan Tinggi Agama Mataram

Seputar Peradilan

DDTK Service Excellence oleh Bank Syariah Indonesia

Jum'at, 5 Agustus 2022, PA Tabanan menyelenggarakan DDTK (Diklat Di Tempat Kerja) tentang Service Excellence dengan narasumber dari Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kuta. Pelatihan ini dihadiri oleh para aparatur PA Tabanan, mahasiswa/i PKH Warmadewa dan pegawai BSI KCP Kuta. Para aparatur PA Tabanan mendapatkan banyak ilmu & manfaat dari kegiatan tersebut sehingga dapat meningkatkan softskills dalam melayani pengguna layanan dengan prima.

Pelatihan ini berfokus pada peningkatan kualitas layanan yang diberikan kepada pengguna layanan sehingga bisa menimbulkan kepuasan bagi pengguna layanan. Kepuasan customer bisa diraih apabila pegawai bisa memberikan layanan kepada customer melebihi harapan customer atau minimal sesuai dengan harapan customer.

Kualitas layanan yang baik dapat diberikan kepada customer dengan memperhatikan indikator realibility, assurance, tangible, emphaty & responsiveness. Reability bermakna kemampuan untuk memberikan pelayanan yang diinginkan dengan segera, akurat dan memuaskan. Sementara itu, assurance merupakan pengetahuan, kesopan santunan dan kemampuan para pegawai untuk menumbuhkan kepercayaan customer. Tangible berfokus pada penampilan dan kemampuan sarana dan prasarana fisik instansi dan keadaan lingkungan sekitarnya. Emphaty menitikberatkan kepada memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individu atau pribadi yang diberikan kepada para customer dengan berupaya memahami keinginan customer. Di sisi lain, responsiveness merupakan kemampuan perusahaan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsif) dan tepat kepada para customer.

Selain itu, pemberi layanan harus menerapkan 3 magic word dalam beriteraksi dengan pengguna layanan. 3 magic word itu meliputi sapa, permohonan maaf, dan terima kasih. Hal tersebut harus selalu diucapkan oleh pegawai kepada pengguna layanan agar bisa tercapainya kepuasan customer. 

DDTK ini berakhir yang ditandai denga kegiatan role play pemberian layanan prima kepada para pihak dari penyambutan pihak oleh security hingga penanganan layanan informasi, pendaftaran perkara dan pengambilan sisa panjar perkara. 

 

BSI1

BSI2

BSI3

BSI4

Add comment


Security code
Refresh




--->