PA Tabanan Gelar Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Dinkes Kab. Tabanan dan PT Pos Indonesia KC Tabanan Website Pengadilan Tinggi Agama Mataram

Seputar Peradilan

PA Tabanan Gelar Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Dinkes Kab. Tabanan dan PT Pos Indonesia KC Tabanan

Rabu, 27 Juli 2022, PA Tabanan melakukan penandatanganan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Tabanan serta PT Pos Indonesia (Persero) KC Tabanan. Kerja sama antara PA Tabanan & Dinkes Tabanan dijalin dalam hal Layanan Pemeriksaan Kesehatan bagi Pemohon Dispensasi Kawin pada PA Tabanan. Sementara itu, PA Tabanan & PT POS Indonesia (Persero) KC Tabanan melakukan kerja sama tentang Pelayanan Pemeteraian Kemudian, Pengiriman Surat/Dokumen dan Barang. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang PA Tabanan yang dihadiri oleh Kepala Dinkes Kab. Tabanan, Excecutive Manager PT Pos KC Tabanan & para aparatur PA Tabanan. Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya para pencari keadilan dalam berperkara di PA Tabanan dengan mudah, cepat, efektif & efisien.

Dalam sambutannya, dr. I Nyoman Susila, M.Kes. sebagai Kepala Dinkes Kab. Tabanan menyampaikan pentingnya perjanjian kerja sama ini dalam rangka memberikan pertimbangan untuk menikah bagi calon pengantin yang berusia di bawah umur dari segi kesehatan/reproduksi supaya mencegah terjadinya stunting. Sementara itu, Furkhan sebagai Excecutive Manager PT Pos Indonesia KC Tabanan mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan aksi nyata PT Pos Indonesia KC Tabanan dalam membantu aktivitas masyarakat dengan berkolaborasi bersama PA Tabanan. Tak lupa beliau mengucapkan terima kasih kepada PA Tabanan karena telah bersedia untuk bekerja sama dengan Kantor Pos.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen perjanjian kerja sama PA Tabanan dengan Dinkes Kab. Tabanan dan PT Pos Indonesia (Persero) KC Tabanan yang dilakukan oleh masing-masing pimpinan instansi. Prosesi penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut bukan hanya kegiatan simbolis belaka, namun terdapat hak dan kewajiban yang harus ditunaikan dengan memperhatikan ruang lingkup perjanjian. Perjanjian antara PA Tabanan dan Dinkes Kab. Tabanan mencakup:

  1. Dukungan dan fasilitasi terselenggaranya layanan pemeriksaan kesehatan bagi pemohon dan orang tua dari pemohon dispensasi kawin di Pengadilan Agama Tabanan, terkait pemahaman orang tua dan anak termasuk di dalamnya memberikan gambaran realistis mengenai kehidupan pemikahan dan berkeluarga;
  2. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang kompeten pada fasilitas kesehatan di Kabupaten Tabanan;
  3. Pemberian edukasi kesehatan reproduksi dan layanan pemeriksaan kesehatan anak dalam perkara dispensasi kawin;
  4. Melaksanakan edukasi, sosialisasi secara bersama-sama dan/atau sendiri-sendiri terhadap dampak pernikahan dini dan persiapan fisik, mental pada pihak yang mengajukan dispensasi kawin.

Sedangkan PT Pos Indonesia (Persero) KC Tabanan dan PA Tabanan melakukan kerja sama dalam hal:

  1. Kiriman Rutin yaitu pengiriman Surat/Dokumen dan Barang secara terbukukan dan tidak terbukukan milik PA Tabanan untuk tujuan dalam negeri dan luar negeri yang tarifnya mengacu pada pasal 4 Perjanjian ini;
  2. Kiriman Proyek yaitu pengiriman Surat/Dokumen dan Barang PA Tabanan dalam jumlah besar dan dilakukan tidak secara rutin, tarifnya mengacu pada kesepakatan negosiasi;
  3. Pemanfaatan fungsi Customer Service (CS) PT Pos Indonesia KC Tabanan dalam melakukan pemeteraian kemudian Para Pengguna Layanan pada PA Tabanan, agar tidak melakukan antrian customer pos di loket.

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah. Semoga kerja sama tersebut dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang signifikan terhadap masyarakat.

(Laksana Indra/PA Tabanan)

MOUDP0

MOUDP3

MOUDP5

Add comment


Security code
Refresh




--->