3 Pengadilan Agama Ikuti Pembinaan oleh PTA Mataram Website Pengadilan Tinggi Agama Mataram

Seputar Peradilan

3 Pengadilan Agama Ikuti Pembinaan oleh PTA Mataram di PA Tabanan

Rabu, 6 Juli 2022, PTA Mataram mengadakan pembinaan bagi 3 Pengadilan Agama di Provinsi Bali yang diselenggarakan di PA Tabanan. Pembinaan tersebut diikuti oleh PA Tabanan, PA Badung dan PA Denpasar. Wakil Ketua PTA Mataram, Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn. bersama Drs. M. Sidiq, M.H. (Panitera) dan Staff IT memberikan pembinaan yang menitikberatkan kepada upaya hukum banding secara elektronik. Sementara itu, para Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda dan Kasubbag. dari 3 Pengadilan Agama tersebut menghadiri pembinaan rutin PTA Mataram di PA Tabanan.

2. Bina

Pembinaan PTA Mataram ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk memberikan arahan dan edukasi sekaligus monitoring dan evaluasi terhadap kinerja satuan kinerja di Lingkungan PTA Mataram. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua PA Tabanan yang diikuti kegiatan do'a bersama serta menyanyikan Indonesia Raya & Hymne Mahkamah Agung. Kemudian Wakil Ketua PTA Mataram, Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn. menyampaikan pembinaan kepada seluruh hadirin. Tujuan dari pembinaan kali ini adalah untuk optimalisasi pengajuan perkara banding secara elektronik  sehingga dapat meminimalisir permasalahan dalam pengajuan banding  di PTA Mataram. Selain itu, beliau menghimbau kepada pengadilan agama yang mengajukan banding agar melengkapi berkas banding agar prosesnya dapat berjalan efektif dan efisien. Wakil Ketua PTA Mataram juga menghimbau kepada 3 Pengadilan Agama yang hadir agar memperbarui brosur informasi perkara dengan menambahkan QR Code yang dapat dipindai oleh gadget yang terhubung dengan informasi persyaratan dan prosedur berperkara sehingga dapat meningkatkan pelayanan informasi di Pengadilan Agama yang up to date dan efisien.

3. Bina

Panitera PTA Mataram menyampaikan beberapa hal tentang monitoring dan pembinaan tentang kinerja kepaniteraan Pengadilan Agama di Provinsi Bali. Beliau memberikan amanat untuk melayani semua pihak dengan semaksimal mungkin, baik pihak yang berperkara, masyarakat umum maupun instansi lain yang berkunjung di Pengadilan Agama. Drs. M. Sidiq, M.H. juga menyampaikan tentang perlunya optimalisasi pengelolaan arsip perkara, pengisian aplikasi kinsatker, inovasi & prestasi, CCTV Online, pengeloaan SIPP, e-Court dan gugatan mandiri. Monitoring terhadap kinerja SIPP, e-Court dan gugatan mandiri pun dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap publik.

4. Bina

Staff IT PTA Mataram, Ahmad Zulfan Rauhandi, S.Kom. turut memberikan materi mengenai e-Court Fitur Upaya Hukum Banding secara Elektronik yang bertujuan untuk menyamakan persepsi antar pengadilan tingkat pertama yang mengajukan upaya hukum banding secara elektronik di PTA Mataram sehingga tidak ada lagi permasalahan yang terjadi. Zulfan menjelaskan  tentang fitur-fitur yang dikembangkan pada aplikasi e-Court, SIPP dan SIPP Banding, kewenangan pengguna Pengadilan Tingkat Pertama, dan alur proses pendaftaran e-Court upaya hukum banding. 

1. Bina

Kegiatan ini diakhiri dengan tanya jawab dan foto bersama seluruh peserta pembinaan. Besar harapan, 3 Pengadilan Agama yang mengikuti pembinaan dapat menerapkan materi pembinaan yang disampaikan agar tidak ada lagi masalah-masalah dalam pengajuan upaya hukum banding secara elektronik di PTA Mataram sehingga tercapainya kualitas pelayanan publik yang maksimal.

(Laksana Indra / PA Tabanan)

Add comment


Security code
Refresh




--->