Seputar Peradilan

Tim Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Melakukan Kunjungan Ke Pengadilan Agama Tabanan, Ada Apa dengan Pengadilan Agama Tabanan?!

Tabanan, 29 September 2021: sekitar pukul 11.00 WITA. Pengadilan Agama (PA) Tabanan  mendapat kunjungan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan (Badan Litbang Diklat Kumdil) Mahkamah Agung RI pada Rabu 29/09/2021, berdasarkan Surat Tugas Nomor: 405/Bld.2/Lit/ST/9/2021, tanggal 7 September 2021 dengan koordinator Peneliti Dr. Ernida Basry, M.H. serta Peneliti 1. Dr. Nurul Huda, S.H., M.H., Peneliti 2. Dra. Hj. Erni Zurnilah, M.H., serta Peneliti 3.  Abdurahman Rahim, S.H. M.H., didampingi Sekretariat Peneliti 1.  Suhardin S, S.H., M.H., Sekretariat Peneliti 2. Magdalena, S.Kom. serta Pengolah Data 1. Weldinar Sirait, ST. dan Pengolah Data 2. Mohd. Ramadan.

Kedatangan Tim Peneliti Balitbang Kumdil MA-RI disambut langsung oleh Ketua PA Tabanan Mashudi, S.Ag. didampingi wakilnya Ahmad Hodri, S.H.I., M.H., Duta Layanan dan seluruh Pejabat PA Tabanan dengan tetap menjaga prokes covid-19.

Setelah mengisi buku tamu elektronik, didampingi Ketua dan Wakil Ketua serta  para Pejabat PA Tabanan, Tim Peneliti Balitbang menyempatkan sebentar untuk melihat beberapa titik lokasi yang menjadi sentral Pelayanan dan ruang tamu umum dan terlihat di raut wajah anggota Tim rasa kagum dengan perubahan yang dilakukan oleh PA Tabanan dalam menata dan mendesain ulang beberapa bagian ruangan dengan tetap tidak meninggalkan nilai artistik ornamen Bali sehingga para pegawai dan masyarakat yang menggunakan jasa PA Tabanan merasa nyaman berada dalam lingkungan kantor PA Tabanan, ekspresi tersebut disampaikan langsung oleh Tim Peneliti kepada beberapa petugas layanan sebagai bentuk support dan dorongan agar tetap mempertahankan dan meningkatkan layanannya kepada masyarakat  pencari keadilan.

WhatsApp Image 2021 09 29 at 20.03.08

Pertemuan selanjutnya dilakukan di ruang Ketua diikuti oleh Tim Balitbang dan pimpinan beserta dan para pejabat PA Tabanan, dalam pertemuan tersebut Ketua Tim Balitbang, Ernida Basry menyampaikan sambutan berisikan maksud dan tujuan kunjungan tim untuk penelitian lapangan mengenai “Meningkatnya Perkara Perceraian di Pengadilan Pada Era Teknologi Informasi’ dan salah satu objek penelitiannya dilakukan di beberapa Pengadilan di Wilayah Propinsi Bali, baik Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri, untuk PA ditunjuk 3 (tiga) Pengadilan yakni PA Denpasar, PA Tabanan dan PA Gianyar. Menurutnya, kegiatan ini merupakan penajaman dari penelitian yang sudah berjalan dan akan berlangsung dari tanggal 28 September 2021 s.d. 30 September 2021.

Dalam kata sambutnya, Mashudi menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas penghargaan mendapatkan kunjungan dari Tim Balitbang dan berharap bisa memberikan data informasi lengkap terkait materi penelitian  sehingga penelitian yang dilakukan Balitbang bisa berjalan lancar dan berhasil serta diperoleh kesimpulan yang pada gilirannya menjadi masukan yang konstruktif buat Mahkamah Agung ke depannya dalam membangun Peradilan Indonesia yang agung.

WhatsApp Image 2021 09 29 at 20.05.11

Sesi berikutnya dilakukan tanya-jawab / wawancara oleh 3 (tiga) Peneliti tersebut terhadap Ketua PA. Tabanan, Wakil Ketua, Para Hakim dan Panitera seputar perkembangan perkara perceraian di PA tabanan selama 5 tahun terakhir (2016 s.d. 2021) beserta faktor-faktor yang melatarbelakangi, kemudian penerapan mediasi di PA. Tabanan beserta efektifitasnya, dan masih banyak materi lainnya yang ditanyakan oleh Tim Peneliti dan dijawab dengan lugas dan lengkap oleh para Pejabat PA. Tabanan.

WhatsApp Image 2021 09 29 at 20.07.06

Acara berakhir sekitar pukul 13.00 WITA setelah sesi foto bersama oleh Tim Peneliti Balitbang dan seluruh aparatur PA Tabanan, selanjutnya Tim Peneliti Balitbang pamit dan melanjutkan kunjungannya ke Pengadilan Negeri Tabanan.

 




--->