Geliat Ramadhan di Pengadilan Agama Tabanan Website Pengadilan Tinggi Agama Mataram

Seputar Peradilan

Geliat Ramadhan di Pengadilan Agama Tabanan

 

Tabanan, Senin 11 April 2021. Memasuki hari ke-11 bulan suci Ramadhan 1443 H, Pengadilan Agama Tabanan melaksanakan kegiatan keagamaan sebagai tindak lanjut dari himbauan Direktur Jendral Badan Peradilan Agama dalam suratnya Nomor 2202/DJA/HM.00/4/2022 tanggal 8 April 2022 yang berisi himbauan Tahfidz Al Quran dan Kultum dalam Pelaksanaan Tugas Sehari hari.

IMG 20220411 WA0041
Berangkat dari himbauan tersebut, Ketua Pengadilan Agama (PA) Tabanan, Mashudi, S.Ag. merespons dengan cepat dengan melakukan instruksi langsung kepada seluruh aparatur PA Tabanan untuk melakukan kegiatan bernuansa keagamaan yang dapat menambah ilmu dan pahala, guna menyempurnakan rangkaian ibadah selama bulan Ramadhan. Kegiatan tersebut dilakukan sebelum aktifitas kerja perkantoran dimulai, diawali dengan tadarus al-qur'an oleh seluruh aparatur di meja kerja masing-masing dimulai pukul 08.00 - 09.30 WITA, selanjutnya pada pukul 12.23 dilakukan sholat dluhur berjama'ah dilanjutkan dengan kultum (kuliyah tujuh menit) dengan pemateri dari pimpinan, hakim dan para pejabat lainnya secara bergiliran di hari yang berbeda sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kegiatan sholat dluhur berjama'ah dan kultum ini dilaksanakan di Musholla "Al-Mahkamah" PA Tabanan dilanjutkan dengan kultum.

IMG 20220411 WA00351

IMG 20220411 WA0031
Mengawali kegiatan kultum pada hari ini, bertindak sebagai pemateri pertama oleh Ketua (Mashudi, S.Ag.), dalam pemaparannya Mashudi menyampaikan pesannya bahwa budaya pelayanan harus berorientasi pada hasil yang maksimal sehingga masyarakat dapat memperoleh layanan dengan baik dan terpuaskan dimulai dari pemberian informasi, pendaftaran perkara, proses persidangan, pengambilan produk pengadilan dan pengembalian sisa panjar perkara kepada Penggugat, lebih spesifik mashudi menyampaikan gagasan agar pengembalian sisa panjar kepada pihak Penggugat harus dilakukan melalui Bank dan tidak lagi mengembalikan sisa panjar secara manual, mengingat para pihak saat mendaftarkan perkaranya juga pembayaran melalui Bank, hal ini juga untuk memastikan bahwa layanan di PA Tabanan bersih dari pungli, meminimalisir interaksi langsung antara pengguna layanan dengan kasir dan untuk meningkatkan kepercayaan publik kepada PA Tabanan yang telah meraih WBK tahun 2021 dan agar capaian tersebut tetap berkelanjutan serta dapat dipertahankan, terlebih pada tahun 2023 nanti PA Tabanan akan menjadi salah satu satker di bawah Mahkamah Agung yang akan berpotensi diikutkan menuju WBBM. Diakhir kultum, Mashudi mengajak semua warga PA Tabanan untuk saling memotivasi dalam bekerja agar tetap ikhlas sehingga pekerjaan yang dilakukan bernilai ibadah dan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

IMG 20220411 WA0033

Terakhir sebelum kegiatan kultum ditutup, salah satu Agen Perubahan PA. Tabanan, Mashuri, S.H. menggelorakan kembali semangat perubahan dengan meneriakkan yel yel semangat "Mari berubah ke arah yang lebih baik, pasti bisa..bisa..!!".

Selanjutnya, kegiatan kultum hari ini ditutup dengan doa bersama.

Add comment


Security code
Refresh




--->