Seputar Peradilan

Pembukaan Rapat Koodinasi PTA Mataram Tahun 2021

Senin 8/3/2021 Perwakilan dari PA Tabanan yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera beserta Sekretaris Pengadilan Agama Tabanan menghadiri Undangan Rapat Koodinasi PTA Mataram Tahun 2021. Acara ini dihadiri oleh para pimpinan Pengadilan Agama sewilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali yang dijadwalkan pada Senin sampai dengan Rabu, 8--10 Maret 2021, bertempat di Aruna Senggigi Hotel, Lombok, NTB. Rapat Koordinasi (rakor) kali ini mengusung tema "Mewujudkan Peradilan Agama Modern Berkelanjutan Berbasis Teknologi Informasi melalui Perubahan Pola Pikir, Budaya Kerja dan Pelayanan Prima menuju WBK dan WBBM di Masa Pandemi Covid-19".

berita r2Ok

Acara rakor ini dibuka langsung oleh Ketua PTA Mataram, DR. H. Empud Mahpudin, S.H., M.H. pada pukul 16.00 WITA. Sebagai Master of Ceremony adalah Devi Oktavianty Nawir, A.Md. Acara berlangsung khidmat diawali dengan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qari yang membacakan surat Ali Imran ayat 159, serta untaian doa yang dipimpin oleh Drs. H. Abd. Salam, S.H., M.H., Hakim Tinggi PTA Mataram.

berita r1ok

Usai Sekretaris PTA menyampaikan laporan kegiatan, selanjutnya MC menyampaikan rangkaian acara yang diagendakan pada acara rakor tersebut antara lain sambutan Ketua PTA Mataram, Dr. H. Empud Mahpudin, S.H., M.H. yang dirangkai dengan pembukaan. Beberapa poin penting yang disampaikan oleh Ketua PTA di antaranya dalam sambutannya yaitu:

  • Ketua PTA memberikan apresiasi kepada panitia yang telah bekerja keras merencanakan hingga menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi PTA Mataram bersama seluruh Pengadilan Agama di wilayah NTB dan Bali.
  • Tema yang dihadirkan oleh panitia seharusnya dapat dilaksanakan dengan baik oleh seluruh aparatur pengadilan untuk menghadirkan peradilan modern dengan melakukan perubahan pola pikir dan pola kerja dengan meninggalkan pola kerja lama, karena tanpa perubahan kedua hal tersebut mustahil WBK dan WBBM dapat diraih.
  • Diharapkan agar satker-satker di lingkungan PTA Mataram yang belum meraih WBK dapat meraih predikat WBK tersebut di tahun 2021 ini, terlebih bagi satker yang telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai.
  • Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan-rumusan hasil diskusi yang disepakati bersama sehingga ada pemahaman dan langkah yang sama, meski demikian, terhadap aturan-aturan hukum acara tidak ada tawar menawar dan harus dipahami bersama.

Pelaksanaan kegiatan rakor ini jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan, para peserta harus senantiasa menerapkan pola 3M selama mengikuti kegiatan. (Mer_Red)

 


--->