Seputar Peradilan

Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di PA Tabanan

PEMBANGUNAN ZI MENUJU WBK DAN WBBM DI PA TABANAN

Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) merupakan keharusan bagi instansi pemeritah, salah satunya adalah Pengadilan Agama Tabanan.

Pembangunan ZI didasari oleh Peraturan Presiden no. 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi yang ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agung dengan menerbitkan SK KMA no. 58/KMA/SK/III/2019 tentang pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. SK KMA tersebut diteruskan oleh Ditjen Badilag dengan mengeluarkan Surat Keputusan Ditjen Badilag no 261 tahun 2019 tentang pedoman pelaksanaan pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Peradilan Agama.

Proses pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebasdari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)  di Pengadilan Agama Tabanan sudah dicanangkan sejak 4 April 2019, Proses demi proses menuju WBK dan WBBM sudah dilalui oleh Pengadilan Agama Tabanan dimulai dengan melakukan manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penguatan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, pengawasan serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

IMG 20200314 WA0028

Ketua PA Tabanan sedang memberikan arahan tentang ZI

Dengan Indeks Persepsi Korupsi 3,6 dan hasil Survei Kepuasan Masyarakat sebesar 87,59 menjadi salah satu modal bagi Pengadilan Agama Tabanan untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Ketua Pengadilan Agama Tabanan Yuniati Faizah, S.Ag., S.H. M.S.I  mengatakan bahwa Pembangunan ZI ini merupakan keharusan bagi Pengadilan Agama Tabanan, dengan perubahan-perubahan dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Pengadilan Agama Tabanan, beliau optimis bahwa Pengadilan Agama Tabanan akan mendapatkan predikat WBK dan WBBM. (ilf)


--->