Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tabanan
Home / Berita / Fokus Pa Tabanan / Penilaian Eksternal SAPM PA Tabanan

Penilaian Eksternal SAPM PA Tabanan

Tabanan – Kamis (30/8/2018) Tim Asesor Eksternal yang telah ditunjuk oleh Ditjen badilag untuk melakukan penilaian terhadap secara resmi bekerja. Hal ini ditandai dengan seremoni opening meeting (rapat pembuka) yang berlangsung di ruang sidang utama Pengadilan Agama Tabanan. Tim tersebut adalah Rusmin Rapi, ST (lead asesor) sekaligus Kepala Sub bagian Kepegawaian dan TI PTA Jawa Timur, Saifullah, SH, MH (pendamping asesor) sekaligus Panitera Muda banding PTA NTB dan Agus Hadi Suryono, SH (pendamping asesor) sekalgis Kepala Sub bagian Keuangan dan Pelaporan PTA NTB.

Tim bekerja maraton selama 3 hari dimulai tanggal 30 Agustus 2018 hingga 1 September 2018 untuk melakukan penilaian terkait Sertifikasi Akreditasi penjaminan Mutu Pengadilan Agama (SAPM) tahun 2018. Sebagaimana surat yang telah dirilis oleh Ditjen badilag bahwa penilaian SAPM periode kedua tahun 2018 menggunakan standar baru yang memasukkan program prioritas Badilag sebagai salah satu unsur penilaian yang sebelumnya tidak ada.

Erpan, SH selaku PLT. Ketua PA Tabanan saat opening meeting mengatakan bahwa PA Tabanan berusaha memenuhi standar penilaian yang telah ditetapkan oileh Ditjen Badilag, meskipun dalam kondisi tanpa pimpinan (ketua dan wakil ketua), serta keterbatasan SDM. “segala upaya telah kita lakukan, termasuk harus lembur siang dan malam selama kurang lebih 1 bulan”, terangnya.

Rusmin Rapi, ST selaku lead asesor memberikan apresiasi yang tinggi kepada keluarga besar PA Tabanan karena berhasil mempersiapkan diri menyambut penialian ini. Bahkan saat closing meeting, pria kelahiran Ujung Pandang ini juga memuji kekompakan PA Tabanan, meskipun tanpa ketua dan wakil ketua. “bisa jadi PA Tabanan adalah pengadilan agama satu-satunya di Indonesia tanpa ketua dan wakil ketua sekaligus yang diasesmen”, ungkapnya.

Berdasarkan hasil telaah berkas dan implementasi SAPM, Rusmin Rapi, ST mengaku puas, meskipun ada beberapa hal yang masih perlu direvisi. Di akhir acara Erpan, SH selaku PLT. Ketua PA Tabanan menyampaikan ucapan terimakasih kepada lead asesor dan pendamping yang tidak hanya melakukan penilaian, tetapi juga bimbingan demi kemajuan PA Tabanan di masa mendatang.

About Lukmanul Hakim, S.Kom.