Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tabanan
Home / Berita / Fokus Pa Tabanan / Rombongan PA Tabanan Berbagi Pengalaman Dan informasi Seputar SAPM ke PA Badung

Rombongan PA Tabanan Berbagi Pengalaman Dan informasi Seputar SAPM ke PA Badung

Badung - Meski  baru memulai tahapan menuju Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) pada tahun 2018 ini, namun Pengadilan Agama Tabanan, Selasa (3/4/2018) berangkat menuju PA Badung guna berbagi informasi dan pengalaman seputar SAPM. Dipilihnya PA Badung, selain karena faktor jarak tempuh juga karena alasan kesiapan PA Badung dalam menghadapi SAPM. Bahkan menurut Ketua PA Badung, Drs. Maftuh Basuni, MH, sampai hari ini perkembangan SAPM PA Badung telah mencapai 70 persen.

Saat ramah tamah secara garis besar Maftuh Basuni menjelaskan bahwa secara prinsip SAPM adalah implementasi dari Reformasi Birokrasi (RB) di pengadilan dan akan sangat sulit dicapai tanpa menggerakkan seluruh organ di pengadilan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP)

Abdul Halim selaku sekretaris SAPM PA Badung bahkan menyebut kekompakan, kebersamaan dan komitmen seluruh aparatur pengadilan sebagai kunci sukses menuju SAPM. “karena itulah yang diterapkan oleh PA Badung”, demikian terangnya.

Secara garis besar Abdul Halim memberikan tips untuk memulai SAPM. Berikut adalah tahapan-tahapannya :

  1. Komunikasi dan komitmen bersama
  2. Pemenuhan standar sarana dan prasarana
  3. Menyusun manual mutu
  4. Menyusun SOP
  5. Dokumentasi dan arsip
  6. Survei kepuasan masyarakat sesuai dengan Peraturan Kemenpan RB No. 16 Tahun 2017
  7. Pencegahan risiko
  8. Asesmen internal

Di akhir acara, Wakil Ketua PA Tabanan, Slamet, S.Ag, MH menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan dan seluruh aparatur PA Badung, khususnya Tim SAPM yang bersedia berbagi informasi dan tips demi kesuksesan bersama menuju SAPM 2018.

About Lukmanul Hakim, S.Kom.