Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tabanan
Home / Berita / Fokus Pa Tabanan / Peserta Pelatihan Dasar CPNS/Cakim Pada Mahkamah Agung RI Tahun 2018 Studi Lapangan di PA Tabanan

Peserta Pelatihan Dasar CPNS/Cakim Pada Mahkamah Agung RI Tahun 2018 Studi Lapangan di PA Tabanan

Tabanan – Sesuai surat dari Badan Litbang DIklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Nomor 102/Bld/5/3/2018 tanggal 4 Maret 2018, Pengailan Agama Tabanan ditunjuk sebagai tempat pelatihan dasar bagi Calon Pegawai Negeri ipil (CPNS)/Calon Hakim (Cakim) pada Mahkamah Agung RI Tahun 2018. Dalam surat tersebut acara dilangsungkan sebanyak dua kali, yakni Selasa (13/3/2018) dan Jum’at (23/3/2018) dengan tema Internalisasi Nilai-Nilai Dasar CPNS dan Pembentukan Pengetahuan, Peran dan Kedudukan PNS dalam NKRI.

Kehadiran para peserta studi lapangan pada Selasa (13/3/2018) pukul 08.30 WITA di sambut langsung oleh seluruh Hakim dan pegawai Pengadilan Agama Tabanan. sebanyak 41 peserta langsung diarahkan menuju ruang sidang utama tempat acara akan dimulai. Sedangkan tim pendamping dari Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Denpasar diarahkan ke ruang Wakil Ketua Pengadilan Agama Tabanan.

Perlu diketahui bahwa selama ini sebanyak 41 orang tersebut menjalani pelatihan dasar CPNS di Balai Diklat Keagamaan Denpasar. Di luar Pendidikan di dan pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Denpasar para peserta di ajak untuk melakukan studi lapangan ke pengadilan yang sesuai dengan bidang tugasnya. Selain ke PA Tabanan, peserta yang berasal dari peradilan umum dan peradilan tata usaha negara lain juga dibawa ke Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tata Usaha Negara di wilayah Denpasar.

Dipilihnya PA Tabanan sebagai tempat studi lapangan adalah sesuatu yang membanggakan. Setidaknya itulah yang disampaikan oleh Wakil Ketua PA Tabanan, Slamet, S.Ag, SH, MH saat memberikan sambutan pada acara pembukaan penerimaan para peserta studi lapangan yang bertempat di ruang sidang utama PA Tabanan. selain itu Wakil Ketua PA Tabanan itu juga memberikan motivasi kepada para peserta agar nantinya dapat bekerja dengan baik dan profesional, sekaligus menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan tercela, seperti korupsi yang akhir-akhir ini semakin marak melanda bangsa ini.

Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi Balai DIklat Keagamaan Denpasar, Ngapirin, S.Ag, MM selaku penanggung jawab rombongan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan dan seluruh pegawai atas penyambutan yang cukup meriah. Pada kesempatan itu Ngapirin juga meminta agar para peserta dibimbing terkait hal-hal teknis seputar tugas pokok dan fungsi peradilan agama.

Meski Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI sudah menetapkan materi yang perlu diajarkan kepada seluruh peserta, namun dalam perkembangannya para peserta meminta agar para narasumber memberikan penjelasan teknis tentang kesekretariatan. Salah satu peserta menyampaikan bahwa para peserta sudah dibagi kedalam tiga kelompok yang masing-masing kelompok tersebut nantinya wajib mencari isu-isu aktual yang terjadi di pengadilan agama, sekaligus mencarikan alternatif solusi yang dapat diterapkan di pengadilan tempat mereka bertugas. Sebagai narasumber yang memberikan penjelasan terkait tema tersebut adalah Erpan, SH dan Ahmad Hodri, SHI, MH dan Imdad, SHI,MH selaku Moderator.

Acara yang berlangsung menarik dan interaktif tersebut hanya berjalan sekitar 1 jam. Karena setelah itu para peserta langsung dibawa ke ruangan Kasubag Kepegawaian dan Ortala, Kasubag IT dan Pelaporan dan Kasubag Umum dan Keuangan untuk mendapatkan informasi yang lebih detil terkait isu-isu aktual di lapangan. Rasa ingin tahu peserta nampak dari lontaran pertanyaan yang disampaikan kepada para Kasubag. Tak jarang mereka juga bertanya para Hakim yang turut mendampingi acara tersebut.[imdoc]

About Lukmanul Hakim, S.Kom.