Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tabanan
Home / Berita / Fokus Pa Tabanan / Tidak Butuh Waktu Lama, SIPP PA Tabanan Sudah Diperbarui ke Versi 3.2.0

Tidak Butuh Waktu Lama, SIPP PA Tabanan Sudah Diperbarui ke Versi 3.2.0

Tabanan – Setelah mengikuti sosialisasi implementasi SIPP Versi 3.2.0 di Pengadilan Agama Badung Senin (18/12/2017) lalu, tidak butuh waktu lama admin Pengadilan Agama Tabanan langsung memperbarui aplikasi SIPP Versi 3.1.5 menjadi SIPP versi 3.2.0. Hal ini sejalan dengan perintah Sekretaris Mahkamah Agung RI, A.S. Pudjoharsoyo yang mengeluarkan surat edaran bernomor 1012/SEK/H.M.02.3/12/2017 tanggal 8 Desember 2017 perihal implementasi SIPP Versi 3.2.0 yang ditujukan kepada seluruh ketua pengadilan tingkat banding dan pertama di empat lingkungan peradilan seluruh Indonesia.

Dilihat dari fitur-fitur yang ada memang nampak sekali perbedaannya dengan versi sebelumnya. SIPP Versi 3.2.0 secara teknis mengadopsi Siadpa Plus yang selama ini dipakai oleh warga peradilan agama sebelum ada SIPP. Hanya saja pengguna SIPP tetap tidak diperbolehkan melakukan perubahan-perubahan blanko dan tamplate sebagaimana lazim terjadi dalam Siadpa Plus. Meski demikian, SIPP Versi 3.2.0 diakui lebih lengkap dan praktis, serta menampung beberapa hal yang sebelumnya tidak ada dalam versi lama. Dalam kesempatan terpisah, admin PA Tabanan Mashur Hari menerangkan bahwa meskipun masih menemui beberapa kendala terkait dengan implementasi di lapangan, keberadaan SIPP Versi 3.2.0 ini sudah sangat membantu. Di antaranya adalah penambahan fitur delegasi. “Kebetulan ada permohonan delegasi ke PA Klungkung, insya Allah nanti akan langsung kita coba dengan menggunakan user koordinator delegasi”, terangnya.

Bagi masyarakat umum dan para pencari keadilan yang ingin melihat keadaan perkara dan jadwal sidang PA Tabanan bisa melakukan penelusuran dilaman http://sipp.pa-tabanan.go.id/. Segala informasi yang terkait dengan perjalanan perkara dapat ditelusuri dilaman tersebut melalui laptop, komputer dan gadget masing-masing. Selain itu, bagi yang ingin melihat produk putusan PA Tabanan dan informasi lainnya yang tidak terkait dengan perkara pun bisa dilihat di laman resmi PA Tabanan di http://pa-tabanan.go.id/.

Di antara perubahan dan penambahan fitur tersebut adalah adanya cetak jurnal harian, SKUM, pengembalian sisa panjar, tegoran, pilihan jenis perkara bagi perkara yang awalnya prodeo dan ternyata di tengah jalan berubah menjadi membayar biaya perkara, penambahan posita pada data umum, upload hasil relaas panggilan oleh jurusita pengganti, notifikasi hasil delegasi dan input putusan, baik versi utuh maupun yang sudah di anonimisasi. [imdoc]

About Lukmanul Hakim, S.Kom.