Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tabanan
Home / Berita / Fokus Pa Tabanan / KPA Tabanan Gelar Rakor Dan Sosialisasi Maklumat Ketua Mahkamah Agung

KPA Tabanan Gelar Rakor Dan Sosialisasi Maklumat Ketua Mahkamah Agung

Tabanan – Ketua Pengadilan Agama Tabanan, Drs. Zainal Arifin, M.H menggelar rapat koordinasi yang bertempat di ruang rapat PA Tabanan, pada Selasa (17/10/2017). Acara yang dimulai tepat pukul 10.00 WITA itu diikuti oleh wakil ketua, para Hakim, pejabat kepaniteraan dan kesekretariatan, serta tenaga kontrak.

Seperti biasa, rapat koordinasi yang rutin digelar setiap bulan itu dimaksudkan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pegawai di segala sektor sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Panitera PA Tabanan, Supian, S.H yang mendapat kesempatan pertama melaporkan keadaan perkara selama satu bulan terakhir. Termasuk di antaranya adalah adanya perkara banding, serta perkara peninjauan kembali (PK) yang telah diputus oleh Mahkamah Agung.

Sama halnya dengan bagian kepaniteraan, Abdul Muaz, S.H selaku Sekretaris PA Tabanan juga melaporkan kinerja kesekretariatan, di antara yang dilaporkan adalah kondisi terkini DIPA PA Tabanan. Selain paparan dari kedua pejabat tersebut, acara juga dikemas secara santai dan interaktif guna mendapatkan masukan dan umpan balik dari peserta rapat demi kebaikan dan kemajuan PA Tabanan.

Sosialisasi Maklumat Ketua Mahkamah Agung

Selain menggelar rapat koordinasi, siang itu KPA Tabanan juga mensosialisasikan Maklumat Ketua Mahkamah Agung Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017 Tentang Pengawasan dan Pembinaan Aparatur dan Badan Peradilan di Bawahnya tertanggal 11 September 2017. Secara prinsip KPA Tabanan berpesan agar seluruh hakim dan aparatur PA Tabanan melaksanakan empat poin penting dalam maklumat tersebut. Pertama, mencegah terjadinya penyimpangan dengan melakukan pengawasan dan pembinaan. Kedua, tidak melakukan perbuatan yang dapat merendahkan wibawa, kehormatan dan martabat Mahkamah Agung. Ketiga, terlaksananya pengawasan dan pembinaan Mahkamah Agung sebagaimana diatur dalam Perma Nomor 7, 8 dan 9 tahun 2016, keputusan bersama MA dan KY, serta peraturan terkait lainnya. Keempat, Mahkamah Agung akan memberhentikan jabatan pimpinan secara berjenjang, jika ditemukan bukti bahwa pembinaan dan pengawasan tidak dilakukan secara berkala.

Acara yang berlangsung hingga pukul 11.30 WITA tersebut juga dimanfaatkan oleh KPA Tabanan untuk menyampaikan pesan dari Dirjen Badilag, Dr. Abdul Manaf, MH tentang pentingnya menjaga akhlakul karimah. Seluruh aparatur pengadilan harus menjaga sikap dan akhlak, baik di dalam maupun di luar kedinasan. Termasuk bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). [imdoc]

About Lukmanul Hakim, S.Kom.